Siapa sih yang tidak tahu Mark Zuckerberg dan Bill Gates? Mereka adalah sosok programmer yang sukses dan inspiratif yang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Apabila Anda ahli dalam dunia pemograman, mungkin Anda bisa mengikuti jejak mereka menjadi seorang programmer yang sukses.

Programmer adalah sebuah profesi yang sangat bergensi yang kegiatannya berkecimpung dalam bidang ilmu teknologi atau IT. Profesi satu ini bisa menciptakan berbagai macam jenis aplikasi yang sudah berbasis mobile, web dan desktop. Untuk bisa mewujudkan menjadi seorang programmer yang handal, maka  mereka wajib mengetahui dan memiliki kemampuan dalam segala bidang yang berkaitan dengan teknologi.

Pengusaan Skill Dasar Untuk Menjadi Programmer yang Sukses

Pada dasarnya seorang programmer mempunyai peranan yang sangat penting di dalam melakukan sebuah proses perancangan sebuah program hingga pengujian dari program yang sudah dibuat. Pada setiap pembuatan perancangan tersebut harus dilakukan secara sistematu dan juga harus mematuhi segal prosedur supaya progam yang nantinya dihasilakan akan lebih maksimal. 

Salah satu kunci suksesnya seorang programmer adalah paham setiap sistematikan yang harus dijalankan. Menurut Glints yang merupakan seorang programmer terkenal menyatakan bahwa seorang programmer harus menguasai beberapa hal sepeti berikut ini, yaitu :

  • Logika dan algoritma

Untuk menjadi seorang programmer yang sukses harus mampu mengusai logika dan algoritma. Ini menjadi salah satu skill dasar. Kedua skill tersebut diperlukan untuk membuat sebuah program yang kegunaannya untuk melakukan perhitungan serta beberapa fungsi yang lainnya.  Selain kedua skill tersebut, seroang programmer juga harus menguasai ilmu matematika karena ketiga skill ini sangata berkaitan.

  • Bebahasa Inggris

Seperti yang kita semua ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan jenis bahasa international dan banyak digunakan dalam berbagai macam hal. Salah satunya adalah digunakan dalam menulis dokumentasi bahasa pemograman.  Selain itu, bahasa Inggris juga digunakan untuk membaca dokumentasi dalam bahasa pemograman dan akan membantu seorang programmer untuk bisa mencari dan mendapatkan berbagai referensi pada saat sedang terjadi error.

  • Membaca kode sumber ( source code)

Seorang programmer harus bisa membaca berbagai macam kode. Ini menjadi salah satu kemampuan yang sangat penting karena setiap aplikasi pemogramman tentu saja akan membutuhkan berbagai macam kode-kode tertentu. Di dalam membaca sebuah source cose wajib sejalan dengan logika agar tidak mengalami kebingungan. Ini menjadi salah satu skill dasar yang akan sangat berguna dan membantu pada saat seorang programmer secang melakukan editing atau membuat beberapa code bersama dengan para tim.

  • Paham Debugging

Bagi para programmer pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Debugging, bukan?  Debugging merupakan sebuah kemampuan dasar yang harus dimiklik oleh seorang programmer yang sukses. Ini bisa digunakan untuk mencari sumber bug atau mencari sumber kesalahan pada sebuah program yang sedang dibuat. Dengan begitu, aplikasi yang dibuat akan lebih bagus dan berkualitas. Fungsi lain dari Debugging adalah untuk membantu menjaga sistem dari berbagai serangan hacker. Dengan begitu sistem akan bisa berjalan dengan lancar dan aman tentunya.

  • Paham mengenai bahasa pemograman

Seorang progammer wajib paham mengenai beberapa bahasa pemograman. Jika seorang programmer tidak memiliki kemampuan dalam hal ini maka mereka tidak akan pernah bisa membuat sebuah program aplikasi yang bagus. Programmer juga harus bisa membaca berbagai macam jenis dokumentasi yang mana berguna untuk menerjemahkan serta menulis setiap code pada setiap sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>