Jika berbicara mengenai pekerjaan, programmer merupakan sebuah profesi yang cukup dibilang bergensi dan banyak dicari pada saat ini. Di sisi lain, banyak orang yang beranggapan untuk bisa menjadi seorang programmer itu sangat sulit. Selain harus bisa memahami dan menguasai berbagai bahasa pemrogramman, seorang programmer juga harus bisa bermain dengan coding. Meskipun begitu, masih ada banyak orang orang tertarik untuk menjadi seorang programmer.

Cara  Belajar Menjadi Programmer Otodidak

Programmer merupakan sebuah profesi yang mempunyai cara kerja dengan menyelesaikan masalah dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrogramman. Ada berbagai macam ilmu yang harus dikuasai yaitu menulis kode sampai denhan melakukan perancangan algoritma pada sebuah sistem aplikasi.

Pada dasarnya, untuk belajar mengenai programming ini And tidak perlu mengangapnya sebagai suatu hal bakalan menyulitkan. Anda bisa  belajar menjadi programmer ototidak. Ini maksud Anda bisa belajar sendiri mengenai pemrograman. Hal ini saat ini sudah ada banyak buku, artikel dan berbagai sumber yang dapat Anda gunakan untuk belajar mengenai pemrograman.

Untuk bisa belajar mengenai programming secara otodidak, pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis dan fungsi dari programmer. Salah satunya adalah tentang bahasa programmer.

Bagi Anda yang mempunyai cita-cita menjadi programmer otodidak tetapi tidak mempunayi banyak pengalaman dalam hal coding, maka Anda bisa mempelajari berbagai ilmu programer dasar dari internet atau  buku. Ada juga banyak cara yang lainnya supaya Anda bisa menjadi seorang programmer  dengan mengakses berbagai macam sumber lainnya. Anda juga bertanya atau sharing dengan para programmer senior. Ada berbagai macam programmer yang bisa dipelajari secara otodidak, yaitu :

  • Java

Java adalah sebuah bahasa programmer yang mudah untuk dijalankan. Anda bisa menjalankannya menggunakan berbagai macam media, misalnya saja PC atau smartphone. Bahasa ini dikembangkan oleh The Green Project yang merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Java dapat digunakan oleh semua programmer yang akan membantu mereka untuk mengembangkan apliaksi pada smartphone Android.  Hal ini karena java mempunayi banyak kelebihan salah satunya adalah mempunayi kemampuan pada sistem operasi yang berbeda-beda satu sama lain. Ini termasuk dalam jenis pemrograman OOP yang berati proses pemrogramman diorientasikan untuk memberikan kemudahan bagi para programmer di dalam menyusun sebuah progam.

  • Python

Untuk menjadi programmer otodidak Anda harus belajar juga mengenai Python. Python adalah sebuah bahasa programmer yang sangat multifungsi. Program ini fokus pada perancangan dan keterbacaan kode. Ini dapat digunaka untuk mengembangkan berbagai macam pengembangan apliaksi yang ada pada web dan mobile. Phyton termasuk bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk dipelajari khususnya bagi para programmer pemula sekalipun.

  • C

C adalah jenis bahasa programmer yang sudah ada sejak tahun 1972. Ini menbuatnya menyandang sebagai bahasa programmer yang paling tua. C digunakan untuk membuat sebuah pemrograman sistem dan juga jaringan komputer. Selain itu, ini juga digunakan untuk sarana mengembangkan software pada sebuah aplikasi.

  • PHP

PHP adalah jenis bahasa programmer yang banyak digunakan pada saat ini. Ini digunakan untuk membuat serta mengembangkan web yang digunakan bersamaan dengan penggunaan HTML.

Itulah tadi beberapa jenis bahasa progammer yang harus Anda ketahui untuk bisa menjadi programmer otodidak. Setelah memahami hal tersebut, selanjutnya Anda bisa mempelajari hal lainnya yang ada kaitannya dengan pemrogramman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>